Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pojok Adopsi Holtikultura untuk Integrasikan Pertanian dengan Pariwisata di Kotawaringin Barat

  • Oleh Wahyu Krida
  • 29 Januari 2019 - 14:22 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun -Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bakal membuka lahan untuk pojok adopsi hortikultura guna mengintegrasikan program pertanian dengan pariwisata.

Kepala Dinas TPHP Kobar, Kamaludin, Selasa (29/1/2019) mengatakan pojok adopsi holtikultura ini bakal dibuka pasca keberhasilan membuka pojok hortikultura yang mampu menggeliatkan sektor pertanian bagi masyarakat.

"Jadi pojok adopsi hortikultura ini adalah kawasan pertanian yang terintegrasi dengan wisata. Lahan untuk itu telah disiapkan sekitar 2 hektare di Desa Kubu, Kecamatan Kumai," jelasnya.

Nantinya dalam konsep pojok adopsi hortikultura, turis mancanegara akan diajak menanam pohon penghasil buah.

"Nantinya pohon tersebut akan dirawat oleh kelompok tani. Kemudian hasil buahnya menjadi milik turis itu sendiri. Jadi setiap turis bisa membeli tanaman untuk ditanam sendiri dan hasilnya menjadi hak milik turis tersebut," jelasnya.

Sedangkan hasil tanaman tersebut bila panen, bisa dinikmati turis itu sendiri atau disumbangkan sebagai pakan orangutan," imbuhnya.

Harapannya konsep ini akan mampu menarik minat wisatawan lantaran bisa langsung bercocok tanam dan kawasan pojok adopsi hortikultura.

Menurutnya konsep pojok adopsi hortikultura ini bisa sejalan dengan program prioritas pembangunan Kobar yaitu pembanguna sektor pertanian dalam arti luas dan sektor pariwisata.

"Karena maaih belum ada daerah yang menerapkan program pojok adopsi hortikultura ini, apabila berhasil dan mampu mendongkrak perekonomian petani maka Kobar menjadi daerah yang dikategorikan sebagai pioner," jelasnya. (YUDA/B-6)

Berita Terbaru