Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Apresiasi Kerja Sama KPHP dengan PT Rimba Makmur Utama Terkait Pengeloan Kawasan Hutan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 29 Januari 2019 - 15:02 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengapresiasi adanya kerja sama antara KPHP Mentaya Tengah Seruyan Hilir dengan PT Rimba Makmur Utama terkait pengelolaan kawasan hutan produksi.

"Ini adalah bentuk upaya yang sangat baik. Yang mana bisa memberikan penghasilan hutan bukan kayu lagi, namun komuditas lain yang lebih fotensial," ujar Wakil Bupati Kotim Taufiq Mukri, Selasa (29/1/2019).

Dengan adanya hal itu Taufiq berharap agar penanganan hutan di Kotim ini bisa lebih baik lagi dan pemanfaatannya akan lebih maksimal. Selain itu tentunya berimplementasi terhadap ekonomi masyarakat dan pendapatan daerah.

"Bentuk kerja sama ini adalah pemanfaatan hutan produksi, sehingga nantinya bisa ditanami berbagai jenis tanaman apapun selain sawit. Yang tujuan akhirnya adalah mensejahterakan masyarakat," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kehutanan Kalteng, Sri Suwanto menyampaikan harapannya agar para pihak komitmen untuk membangun kesepahaman, kesamaan informasi dan menciptakan sinergisitas dalam mengelola kawasan hutan produksi.

Sehingga pengelolaan hutan produksi yang lestari akan terwujud dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

"Dengan adanya hal ini, saya harap bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin. Yang mana PT RMU bisa memanfaatkan hutan dengan baik. Yang terpenting jangan ditanam sawit dan sejumlah tanaman lainnya yang tidak diperbolehkan," ungkapnya.

Sedangkan Kepala KPHP Mentaya Tengah Seruyan Hilir, Abdurrahman Hakim mengungkapkan nota kesepahaman ini merupakan titik awal dalam mengembangkan kemitraan yang saling menguntungkan baik pemerintah, swasta dan kelompok masyarakat dalam konsep keruangan.

Karena di KPHP ada fasilitas yang disebut sebagai wilayah tertentu yang bisa dikelola bersama sesuai potensinya dengan tetap memperhatikan ketentuan yang berlaku.

"Ini adalah bentuk kerja sama kami agar pengelolaan hutan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dan menghasil dampak yang besar bagi masyarakat dan pemerintah daerah," terangnya.

Sementara itu Presiden Direktur PT Rimba Makmur Utama Dharsono Hartono ingin mewujudkan pemulihan fungsi ekologis lahan gambut tropis sebagai kawasan penyerapan dan penyimpanan karbon serta sumber hasil hutan yang berkelanjutan melalui kegiatan restorasi hutan, pengelolaan, perlindungan sumberdaya alam lestari dan pembangunan kemitraan dengan para pihak, serta masyarakat lokal.

"Kolaborasi dengan KPHP merupakan titik awal untuk mengembangkan potensi kawasan yang memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar melalui proses yang partisipatif," ucapnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru