Warga Sering Buang Sampah Pinggir Jalan Padat Karya II

  • Oleh Andreansyah
  • 29 Januari 2019 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Jalan Padat Karya II, Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), sering dikotori sampah. Hal itu disebabkan warga sering membuang sampah di tepi jalan tersebut.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Bahan Berbahaya Beracun Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kobar, Robian Noor, menyebut kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan di Kumai masih sangat rendah. Buktinya banyaknya tumpukan sampah di pinggir jalan.

"Sebenarnya untuk mengatasi persoalan sampah di Kumai, kita telah mengerahkan satu unit truk untuk mengangkut sampah sebanyak tiga kali se sehari," kata Robian Noor, Selasa (29/1/2019).

Namun, armada itu tidak mampu mengangkut semua sampah yang ada. Sehingga ada warga yang memperbolehkan lahannya dijadikan tempat Pembuangan sampah, tepatnya di Jalan Padat Karya II, Kumai.

"Jadi warga bisa membuang sampah di lahan yang telah disediakan. Tapi warga yang membawa kendaraan justru membuangnya dipinggir jalan, bukan di lahan yang disediakan," ujarnya.

Sehingga, sampah selalu terlihat menumpuk tepi jalan. Sementara itu, lahan yang disediakan justru kosong. Ini terjadi karena kesadaran masyarakat terhadap sampah sangat rendah. 

Robian Noor mengimbau masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya. Jangan asal lempar di pinggir jalan. Sebab akan membuat pandangan jadi tidak indah dan penciuman tidak sedap. (Andreansyah/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru