Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Lamandau Gulirkan Wacana Tes HIV/AIDS Untuk Pegawai

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 29 Januari 2019 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik- Tingkat kesadaran masyarakat terkait HIV/AIDS dinilai masih rendah. Bukan hanya masyarakat umum, namun juga pegawai pemerintahan. 

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Lamandau Riko Porwanto seusai memimpin Rapat Koordinasi Penanggulangan HIV/AIDS di Aula Setda, Selasa (29/1/2019).

"Tak hanya masyarakat umum, namun juga pegawai terkadang masih enggan untuk memeriksakan diri," kata Riko Porwanto. 

Berdasarkan data yang ada, sebut Ketua Harian Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Lamandau itu, dari semua organisasi perangkat daerah (OPD) baru delapan bersedia memeriksakan pegawainya, itupun tidak menyeluruh. 

Melihat kondisi itu, Riko menyebut bahwa pihaknya akan menggulirkan wacana untuk mendorong semua pegawai di lingkungan Pemkab Lamandau untuk memeriksakan diri.

"Kita bersama pihak terkait akan terus berkoordinasi dalam upaya penanggulangan HIV/AIDS ini. Mulai dari upaya pencegahan yang salahsatu bentuknya adalah pemeriksaan. Sasaran kita, selain masyarakat umun yang sudah dilakukan zonasi potensi, nantinya juga para pegawai di lingkup Pemkab Lamandau kita minta untuk periksa diri," jelasnya. 

Riko menyebut, langkah yang digagas bertujuan untuk mendeteksi sebagai upaya menekan bertambahnya jumlah penderita atau orang dengan HIV/AIDS (ODHA).

Pemkab tidak ingin terus kecolongan terkait masalah HIV/AIDS tersebut, yang jumlah penderitanya di Lamandau berdasarkan data Dinas Kesehatan cukup banyak. (HENDI NURFALAH/B-3)

Berita Terbaru