Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Meranti Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penderita HIV/AIDS di Lamandau Berjumlah 34 Orang, Dari PSK Hingga PNS

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 29 Januari 2019 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Jumlah penderita atau Orang Dengan HIV/Aids di Kabupaten Lamandau saat ini mencapai 34 orang. Jumlah itu didominasi oleh Pekerja Seks Komersial (PSK). Selain PSK, diketahui bahwa ada juga  penderita atau Orang Dengan HIV/Aids (ODHA) yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS). 

Hal tersebut seperti yang mengemuka pada saat berlangsungnya Rapat Koordinasi Penanggulangan HIV/Aids tahun 2019 yang diinisiasi Pemkab Lamandau di Aula Setda, Selasa (29/1/2019).

Wakil Bupati Riko Porwanto yang juga merupakan Ketua Harian Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Lamandau itu membenarkan bahwa data tersebut sebagaimana data di Dinas Kesehatan Lamandau. 

"Para penderita HIV/Aids tersebut di antaranya ada 9 orang yang positif (HIV) yang kini dapat penanganan pengobatan, 4 orang masih rutin minum obat sampai sekarang, kemudian ada 6 yang lost contact serta 5 orang meninggal dunia," bebernya. 

Riko menegaskan, dari hasil pendataan yang dilakukan pihaknya pula, penderita HIV/Aids di Kabupaten Lamandau didominasi oleh para PSK yang notabene menjajakan diri di tempat hiburan terselubung dan illegal yang dari hasil penelusuran lebih lanjut memang berasal dari luar daerah. 

"Kita pastikan bahwa yang posistif mengidap HIV/Aids ini didominasi PSK yang datang dari luar daerah. Namun, fakta lain juga kita dapati bahwa ada satu orang pengidap yang statusnya PNS Pemkab Lamandau yang diduga kuat tertular dari suaminya," jelas dia. 

Atas kondisi itu, Riko mengimbau agar masyarakat termasuk para pegawai tidak malu dan ragu melakukan pemeriksaan diri terkait HIV/Aids. Sebab, kata dia, penyakit kalau tidak diperiksa sejak awal, akan sangat sulit dideteksi. (HENDI NURFALAH/B-2)

Berita Terbaru