Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Teluk Wondama Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelaku UMKM di Kotim Harus Menguasai Teknologi

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 30 Januari 2019 - 13:22 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), Taufiq Mukri meminta kepada para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar bisa menguasai teknologi. Karena pada perkembangannya, para pelaku usaha dituntut mempromosikan melalui media elektronik. 

"UMKM sekarang ini membutuhkan media untuk pemasaran, sehingga hal itu tentunya harus memanfaatkan teknologi yang ada saat ini," ujar Taufiq, Rabu (30/1/2019). 

Pemanfaatan teknologi harus dilakukan jika UMKM yang akan dijalankan ingin maju dan terus berkembang. Promosi adalah dalah satu yang utama dilakukan oleh para pelaku usaha tersebut.

Sehingga tidak hanya membuka toko atau lainnya, namun juga mempromosikannya agar banyak masyarakat yang mengetahui. 

"Kita harus mengikuti perkembangan jaman, promosikan produk yang hendak dijual melalui media sosial, website, dan sejumlah media elektronik lainnya. Sehingga apa yang dijalankan bisa diketahui banyak orang," katanya. 

Dia mengungkapkan para pelaku UMKM juga harus kreatif. Jangan hanya terpaku dengan pasar daerah saja. Namun bagaimana mencari cara agar produk bisa dipasarkan diluar daerah.

Sehingga hasil yang didapat juga akan lebih memuaskan dan dapat meningkatkan ekonomi setiap pelaku usaha. 

"Kreatif dan inovatif adalah kunci utama kesuksesan sebagai pelaku UMKM, sehingga hal itulah yang harus digali agar sukses dikemudian hari," ungkapnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru