Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toraja Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Prihatin dengan Kondisi Sungai Buun

  • Oleh Wahyu Krida
  • 01 Februari 2019 - 11:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Nurhidayah prihatin dengan kondisi Sungai Buun yang terlihat semerawut.

"Seperti yang kita lihat bersama, kondisi Sungai Buun sangat menyedihkan. Di sisi dan bahkan di atas sungai tersebut banyak dibuat bangunan tempat tinggal dan jamban oleh masyarakat," kata Bupati saat berkunjung ke Sungai Buun dalam agenda Jumat Bersih, Jumat (1/2/2019). 

Menurut Bupati, dalam kesempatan itulah digunakan pihaknya untuk memberikan sosialisasi pada masyarakat agar masyarakat paham akan pentingnya menjaga keberadaan sungai tersebut untuk kelestarian lingkungan.

"Dalam waktu dekat, kita akan menginventarisasi titik mana di sungai tersebut yang akan dibenahi. Tujuannya agar tidak ada lagi masyarakat yang membuat bangunan di bantaran sungai itu," jelas Bupati.

Pasalnya, sungai tersebut akan dikembalikan fungsinya dan kawasan pemukiman di sekitarnya akan diubah menjadi kawasan yang ramah lingkungan.

"Tadi kita juga sempat bertemu dengan masyarakat setempat beserta RT. Kita menyampaikan ide tentang penataan lingkungan di sekitar Sungai Buun itu," terangnya.

Bupati mengatakan, terkait penataan kawasan Sungai Buun, Pemkab Kobar akan memberikan penegasan bahwa tidak diperbolehkan membuat bangunan apapun di sungai tersebut. (WAHYU KRIDA/B-2) 

Berita Terbaru