Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Sungai Penuh Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

TK Ini Kenalkan Program Pojok Baca Keluarga di Rumah Peserta Didik

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 01 Februari 2019 - 17:26 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas- Taman Kanak-Kanak (TK) Islam Terpadu Al Abror, Kota Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas, mengenalkan program pojok baca keluarga atau literasi keluarga di rumah peserta didik, Jumat (1/2/2019).

Kehadiran pojok baca itu diharapkan mampu mengurangi penggunaan gadget atau gawai yang berlebihan pada anak.

Menurut Kepala TK Al Abror Sri Rahayu, program tersebut merupakan rangkaian kegiatan yang melibatkan keluarga dalam proses pembelajaran.

Di mana pojok baca atau sudut baca di rumah para peserta didik digunakan untuk bersama-sama dengan orang tua membaca buku.

"Jadi itu bertujuan untuk membiasakan sejak dini kepada anak agar mengurangi paparan atau penggunaan gadget yang saat ini semakin berkembang di tengah masyarakat," ucap Sri kepada wartawan, Jumat (1/2/2019).

"Program ini juga sebagai bentuk dari penyelenggaraan Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernasbaku)," lanjutnya.

Menurut dia, hal itu penting dilakukan oleh orang tua terhadap anak guna menghindarkan merek apada kecanduan menggunakan gadget. Sebab, penggunaan gawai yang berlebihan bisa mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan anak.

"Oleh karenanya diharapkan ini bisa menjadi salah satu cara untuk menguranginya melalui pojok baca," ucap Sri.

Selain itu, hadirnya pojok baca diharapkan dapat mengikat erat hubungan emosional antara orang tua dan anak. Sehingga terjalinnya ikatan yang baik bagi tumbuh kembang si buah hati.

"Kami juga melakukan kunjungan-kunjungan ke rumah yang mengadakan pojok literasi itu," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-3)

Berita Terbaru