Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Batanghari Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BRT untuk Jangkau Jarak Jauh di Palangka Raya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 03 Februari 2019 - 11:22 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Wali Kota Palangka Raya Hj Umi Mastikah mengatakan bahwa peruntukan bus rapid transit (BRT) bantuan dari  Dirjen Perhubungan Darat adalah menjangkau jarak yang jauh di Kota Cantik.

"BRT ini kan konsep awalnya adalah kendaraan untuk menjangkau tempat-tempat yang jauh, makanya dinamakan bus cepat. Jadi begitu naik, kita hanya semacam bergelantungan di dalam bus untuk menuju tempat yang diinginkan. Karena cepat inilah maka untuk menjangkau jarak yang jauh," kata Hj Umi Mastikah kepada borneonews, Minggu (3/2/2019).

Hal ini menurut Hj Umi sesuai untuk kondisi Kota Palangka Raya yang memang jarak dari satu tempat ke tempat lainnya cukup jauh.

"Seperti kalau kita menuju RSUD Tipe D Palangka Raya di Kalampangan itu kan jauh, makanya jalur BRT ini ada juga ke sana. KKita ini kan jarak dari satu tempat ke tempat lain jauh makanya peruntukan bus ini kami rasa sudah tepat," katanya lagi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palangka Raya, Eldy mengatakan bahwa ada lima BRT yang dihibahkan Dirjen Perhubungan Darat dan akan ditempatkan di dua terminal Palangka Raya.

"Kelima unit BRT itu akan ditempatkan di dua terminal. Yang pertama, di Terminal I (Pasar Kameloh) dengan rute dalam kota. Kemudian di terminal II samping Masjid Kubah Kecubung dengan rute Jalan RTA Milono-Pelabuhan Kereng Bangkirai, dan RSUD tipe D Kota Palangka Raya di Kelurahan Kalampangan. Rencananya ada satu rute lagi, yakni untuk terminal III dengan rute Jalan Tjilik Riwut. Namun kami belum melakukan penetapan arah rutenya," tambah Eldy. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru