Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pohuwato Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Utara Resmikan Tujuh Pasar Desa

  • Oleh Ramadani
  • 04 Februari 2019 - 19:44 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh– Bupati Barito Utara Nadalsyah meresmikan tujuh pasar desa, Senin (4/2/2019). Lokasi peresmian dipusatkan di Pasar Bebas Banjir, Kota Muara Teweh.

Ketujuh pasar yang diresmikan yakni Pasar Bebas Banjir, Pasar Montallat, Pasar Lehei II, Pasar Ketapang, Pasar Kamawen, Pasar Jamut, dan Pasar Tumpug Laung.

Dalam kesempatan itu, Bupati menyampaikan bahwa pasar memiliki fungsi ekonomi kerakyatan, juga merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli, saling menyapa, dan terjadinya interaksi sosial antarmasyarakat.

“Pasar merupakan wadah yang memiliki fungsi sosial yang strategis bagi masyarakat. Terutama dalam penanaman nilai-nilai kebersamaan dan persatuan yang selenjutnya akan dapat menumbuhkembangkan rasa saling peduli dan rasa saling membutuhkan antarmasyarakat,” sebutnya.

Mengingat fungsi penting itulah, kata Nadalsyah, maka Pemerintah Kabupaten Barito Utara telah merumuskan sebuah program maupun kebijakan yang strategis sebagai bentuk implementasi komitmen nyata untuk tahun-tahun mendatang.

Yakni tetap mengalokasikan anggaran dalam rangka melakukan rehab los-los pasar yang rusak, memperbaiki dan manambah fasilitas penunjang, hingga membangun baru pasar rakyat sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Pembangunan pasar juga merupakan salah satu bentuk komitmen dari Pemerintah Kabupaten Barito Utara dalam menjamin terciptanya nilai kebersamaan serta makna pengembangan ektivitas ekonomi masyarakat.

Selain itu, keberadaan pasar ini merupakan upaya untuk lebih mendekatkan akses masyarakat terhadap pemasaran produksi, baik produksi industri rumah tangga, maupun pertanian.

“Maka dari itu saya berharap, keberadaan pasar ini nantinya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penciptaan nilai tambah dari penjualan produksi. Dengan kata lain pembangunan dan keberadaan pasar ini akan memberikan makna bahwa Pemerintah Kabupaten Barito Utara konsisten dan terus bekerja keras untuk melakukan akselerasi terhadap pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” sebut Nadalsyah.(RAMADANI/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru