Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Samarinda Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Kapuas Ambil Sampel Darah Cek Ketahanan Vaksin Rabies

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 06 Februari 2019 - 10:24 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Kapuas melalui Bidang Peternakan telah melakukan pengambilan sampel darah terhadap anjing yang telah tervaksinasi rabies untuk mengecek ketahanannya sejauh mana.

Hal itu diungkapkan Kasi Kesehatan Hewan Anik Ariswandari bahwa itu perlu dilakukan juga untuk memastikan keberhasilannya, sehingga bisa diketahui bagaimana tingkat keefeketifannya agar mencegah rabies terhadap hewan.

"Telah dilakukan pengambilan sampel serum darah untuk hewan peliharaan anjing. Tujuan dari kegiatan ini sendiri adalah melihat hasil kegiatan vaksinasi yang sudah dilakukan pada tahun 2018," ucap Anik kepada wartawan, Rabu (6/2/2019).

"Apakah antibodi anjing terbentuk sebagian bahwa vaksinasi tersebut berhasil," lanjutnya.

Lebih lanjut dia menuturkan bahwa pengambilan sampel tersebut telah menyasar ke di wilayah Kecamatan Selat, seperti di Jalan Sakapurun, Jalan Pilau dan Jalan Nusa Indah serta beberapa daerah yang sudah dilakukan vaksinasi rabies. 

"Setelah diambil sampel darahnya juga dilakukan pemeriksaan di laboratorium, untuk mengetahui vaksin yang dilakukan ini berhasil, hasilnya diperkirakan dalam satu minggu akan selesai," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru