PT SEM Dan BNJM Harus Buka Akses Jalan Masyarakat

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 06 Februari 2019 - 20:46 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang– Anggota DPRD Kabupaten Barito Timur Hairi, meminta perusahaan batu bara PT Senamas Energindo Mineral dan Bangun Nusantara Jaya Makmur (BNJM) membuka jalan yang ditutup dengan cara digali.

Akibat pertikaian kedua perusahaan telah mengorbankan masyarakat, khususnya warga Desa Telang Baru dan Juru Banu, Kecamatan Paju Epat.

Warga dua desa itu tidak bisa lagi menggunakan jalan perusahaan akibat ditutup. Selain masyarakat umum, guru, perawat, dan anak-anak sulit menjangkau sarana prasarana seperti biasanya.

“Kita minta jalan tersebut untuk dibuka lagi. Hasil mediasi kemarin mengatakan esok hari jalan tersebut telah dibuka. Kalau tidak dibuka jangan membuat warga marah,” ujar Hairi, saat dimintai konfirmasi via telepon seluler, Rabu (6/1/2019).

Pertikaian perusahaan seharusnya tidak mengorbankan masyarakat dan seharusnya bisa dimediasi secara internal. “Jangan ada masalah, masyarakat menjadi korban akibat keegoisan kedua perusahaan,” tegasnya.

Dengan kejadian itu, Hairi yang juga warga Telang Baru berharap masyarakat desa bersikap tenang dan jangan melakukan hal-hal yang melawan hukum.

“Kita dari DPRD akan terus mengawal dan terus meminta pihak perusahaan untuk membuka akses jalan untuk masyarakat,” pungkasnya. (Prasojo Eko/B-3)

Berita Terbaru