Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surakarta Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mengganas, Buaya Makan Jaring Pembatas Rumah Warga

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 07 Februari 2019 - 13:56 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dalam beberapa pekan terakhir ini, habitat buaya mulai bermunculan. Bahkan semakin mengganas hingga memakan korban.

Tidak hanya itu, saking ganasnya, buaya merusak dan memakan jaring pembatas di rumah warga Desa Hanaut, Kecamatan Pulau Hanaut, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). 

"Salah satu jaring pembatas rumah warga yang terbuat dari tali beser habis dirusak oleh buaya. Kemudian potongan jaringnya dimakan," ujar Camat Pulau Hanaut Eddy Mashami, Kamis (7/2/2019). 

Dirinya menerangkan, jaring tersebut dipasang di teras rumah agar buaya tidak masuk ke dalam teras. Namun ternyata jaring itu malah dirusak oleh hewan buas tersebut pada Sabtu (2/2/2019) lalu, bahkan potongannya malah dimakan. 

Selain itu, salah seorang warga di desa tersebut juga melaporkan kepada Eddy. Dia melihat buaya naik ke samping rumahnya dan memakan seekor anjing yang berada di daerah tersebut. 

"Sekitar 14 hari lalu ada juga warga yang melapor kepada saya. Dia melihat buaya sedang memakan anjing di samping rumahnya sekitar pukul 00.00 WIB," terang Edy. 

Buaya yang memakan anjing tersebut diperkirakan ukurannya sekitar 4,5 meter. Dan tentunya sudah sangat besar. Sedangkan kemunculan buaya sendiri sudah sangat sering terlihat oleh warga di Kecamatan Pulau Hanaut. Terutama saat sore menjelang malam dan juga pagi hari. Ketika air Sungai Mentaya sedang pasang. 

Beruntungnya, hingga saat ini tidak ada warganya yang menjadi korban keganasan predator tersebut. Karena masyarakat sekitar sudah menyadari dan mengurangi aktivitas di tepi Sungai Mentaya. 

Sementara dalam beberapa waktu terakhir kemunculan buaya sudah mulai sering terjadi. Bahkan pada Jumat (1/2/2019), seorang warga Dusun Seranggas, Desa Lempuyang, Kecamatan Teluk Sampit, menjadi korban keganasan buaya hingga tangannya putus. (MUHAMMAD HAMIM/B-2) 


TAGS:

Berita Terbaru