Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hanya Dua Kegiatan di Kalteng Masuk Kalender Pariwisata Nasional

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 07 Februari 2019 - 15:02 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Dari sekian banyak daerah yang mengajukan kegiatan masuk kalender pariwisata nasional, hanya ada dua kegiatan yang berhasil lolos.

"Dari 100 kegiatan secara nasional, di Kalteng hanya ada dua kegiatan yang masuk kalender pariwisata nasional, yaitu Festival Budaya Isen Mulang Provinsi Kalteng dan Festival Babukung dari kita (Lamandau)," kata Plt Kepala Dinas Pariwisata Lamandau, Frans Evendi, Kamis (7/2/2019).

Frans menyebutkan, masuknya suatu kegiatan dalam kalender kegiatan pariwisata nasional bukan hal mudah. Ada banyak tahapan dan proses yang dilalui, termasuk di antaranya penilaian secara langsung tim Kementerian Pariwisata RI. 

"Mereka (tim) melakulan evaluasi serta penilaian dalam banyak hal, sisi originalitas festivalnya, kekhasan budaya yang ditampilkannya, pertimbangan pemasaran juga kira-kira menarik untuk direkomendasikan, kontinuitas kegiatannya, dan banyak aspek lain yang menjadi pertibangan," katanya. 

Frans mengatakan, pada dasarnya upaya pemkab selama ini untuk terus menggaungkan Festival Babukung ini sudah cukup baik. Faktanya, hasil kegiatan tersebut dapat masuk ke kalender nasional.

"Upaya kita selama ini sudah menuai hasil, tinggal ke depan terus menjaga dan mengembangkannya, perbaikan-perbaikan dari berbagai sisi yang dinilai belum maksimal," kata dia. (HENDI NURFALAH/B-11)

Berita Terbaru