Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkalis Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tingkatkan SDM Perhubungan Laut, Pemkab Kobar Jalin Kerja Sama dengan PIP Semarang

  • Oleh Wahyu Krida
  • 07 Februari 2019 - 19:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Guna meningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) perhubungan laut Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar ) menjalin kerja sama dengan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, Kamis (7/2/2019).

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) oleh Bupati Kobar Nurhidayah dan direktur PIP Semarang Irwan di Hotel Chanti, Semarang.

"Karena sebelumnya telah dilaksanakan diklat pemberdayaan masyarakat yakni basic safety training bagi para pelaku tranportasi, baik itu juru mudi kapal, kru kapal layar motor, maupun para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas dibidang tersebut. Sudah ada tiga angkatan yang mengikuti diklat dengan jumlah total peserta sebanyak 1.100 di Kobar," jelas bupati. 

Bupati mengharapkan agar tim dari PIP Semarang nanti akan datang ke Kobar dengan tujuan untuk menginventarisasi kebutuhan diadakannya berbagai pelatihan serupa.

"Kerja sama ini merupakan wujud dari upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia baik di sektor perhubungan maupun pendidikan," jelasnyai. 

Harapannya kerja sama ini mampu memberikan kontribusi lebih di dalam upaya peningkatan sumber daya manusia khususnya bidang perhubungan laut. 

"Selain itu para siswa SMKN 3 Kumai yang telah dikirimkan Pemkab Kobar untuk mengikuti diklat pelayaran di PIP Semarang juga bisa menunjukkan prestasinya dan nantinya bisa meneruskan jenjang pendidikannya di PIP Semarang. Dengan demikian akan tercipta tenaga-tenaga terdidik dan berkualitas bidang transportasi perhubungan,” tegasnya. (YUDA/B-6)

Berita Terbaru