Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sanitasi Berbasis Masyarakat Diharap Mampu Atasi Kekumuhan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 08 Februari 2019 - 08:32 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Bappeda Kota Palangka Raya H Akhmad Fordiansyah mengatakan bahwa pembangunan sanitasi berbasis masyarakat (sanimas) memang memiliki tujuan, salah satunya mengatasi kekumuhan di kawasan padat penduduk.

"Sanimas berupa Instalasi Pengolaan Air Limbah (IPAL) komunal perpipaan di Jalan Sakan VIII itu memang salah satu dari infrastruktur yang diresmikan dalam masa 100 hari kerja efektif Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palangka Raya. Tujuannya tentu salah satunya mengatasi kekumuhan di kawasan padat penduduk," kata Fordiansyah, Jumat (8/2/2019).

Pembangunan sanimas IPAL ini menurut Fordi menggunakan anggaran yang bersumber dari dana APBN melalui satuan kerja PS-PLP Provinsi Kalteng.

"Dibangunnya sanitasi berbasis masyarakat ini demi membangun juga kelancaran perencanaan masyarakat sekitar. Ini kita lihat dari bentuk bahwa selain itu juga tempat dijadikan untuk kegiatan-kegiatan umum, juga untuk membantu masyarakat mendapat pengolahan dari air sanitasi menjadi air yang bersih," jelasnya.

Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin sebelumnya mengatakan bahwa Sanimas IPAL ini hanya satu program dari beberapa yang diluncurkan serta peresmian beberapa layanan terkait 100 Hari Kerja Efektif Wali Kota serta Wakil Wali Kota Palangka Raya ini ke depannya. Ini menurut Fairid merupakan wujud nyata dari komitmen kami untuk kesejahteraan masyarakat Kota Palangka Raya.

"Mungkin ke depannya akan banyak terdapat halangan dan rintangan bagi kami dalam melaksanakan tugas dan amanah ini. Namun kami percaya sepanjang kita bekerja mengemban amanah dari Allah SWT demi kesejahteraan masyarakat niscaya semua akan dapat terlaksana. Apa yang menjadi visi dan misi kami, serta setiap harapan dan doa insya Allah akan terwujud demi kesejahteraan Kota Palangka Raya yang kita cintai dan banggakan ini," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru