Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bima Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pasar Tradisional Harus Mampu Bertahan

  • Oleh Naco
  • 08 Februari 2019 - 16:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota DPRD Kotawaringin Timur, H Dani Rakhman meminta agar pasar tradisonal tetap bertahan dan mampu bersaing dengan pasar modern. 

Maka dari itu, pemerintah daerah terus berada sebagai pendukung fasilitas dan sarana pasar tradisional. Sebab eksistensi pasar tradisional untuk memberdayakan masyakat kecil menengah ke bawah.

"Pasar tradisional ini harus tetap dipertahankan dan diberdayakan. Karena saya melihat ekonomi masyarakat kelas bawah ini digerakan melalui keberadaan pasar tradisional," kata Dani Rakhman, Jumat (8/2/2019).

Keberadaan pasar tradisional dalam beberapa tahun terakhir mulai menghadapi ancaman. Dan dikhawatirkan pedagang akan gulung tikar karena bangkrut. Pedagang pasar tradisional bisa saja bangkrut karena tidak mampu bersaing menghadapi menjamurnya pasar modern atau pusat perbelanjaan.     

Mengingat masyarakat tampaknya lebih memilih berbelanja di pasar-pasar modern. Dengan berbagai pertimbangan, seperti kenyamanan, kebersihan, kualitas barang, sampai alasan gengsi.

Apapun alasannya kata dia keberadaan pasar tradisional tidak mungkin ditiadakan. Sebab, sebagian besar masyarakat masih berada dalam kondisi menengah ke bawah yang tidak memiliki daya beli di pasar-pasar modern.  

Dari itu upaya renovasi pasar tradisional harus menjadi salah satu program pemerintah daerah, salah satunya melalui kerjasama dengan investor. Meski diakui menimbulkan permasalahan baru, karena banyak pedagang lama yang tersingkir akibat tidak mampu membeli kios baru.(NACO/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru