KPU Provinsi Gelar Rakor DPTb dan DPK di Wilayah Empat Das Barito

  • Oleh Uriutu
  • 10 Februari 2019 - 17:46 WIB

BORNEONEWS, Buntok – KPU Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) di wilayah empat Das Barito.

Rakor tersebut digelar di KPU Barito Selatan yang dihadiri KPU Barito Timur, Muara Teweh dan Murung Raya.

Komisioner KPU Provinsi Kalteng, Wawan Miratmaja mengatakan, kegiatan rakor ini untuk pemutakhiran data pemilih untuk pemilu 2019.
 
“Ada tiga hal dalam pemutakhiran data pemilih yang kita bahas dalam rakor ini,” kata Wawan Wiratmaja kepada Borneonews di sela kegiatan. Minggu (10/2/2019).

Tiga hal tersebut, lanjut dia, yakni perbaikan daftar pemilih tetap (DPT), daftar yang sudah ditetapkan oleh KPU yang menjadi dasar untuk menentukan surat suara.

Kemudian, menyiapkan daftar pemilih tambahan yakni pemilih yang terdftar dalam DPT di tempat  asal yang kemudian akan menggunakan hak pilihnya di tempat yang berbeda. Contohnya, seperti bekerja di tempat lain, melanjutkan pendidikan dan sakit. 

Dan yang terakhir, menyiapkan serta mengantisipasi pemilih yang belum terdaftar dalam DPT, namun menggunakan hak pilihnya menggunakan KTP elektronik.

“Yang kita fokuskan di sini yakni terkait pemilih yang pindah tempat memilih. Terutama di perusahaan-perusahaan baik tambang dan perkebunan,” jelas dia.

Oleh karena itu, lanjut dia, pihaknya melaksanakan rakor ini karena melihat potensi daftar pemilih pindah tempat memilihnya besar. (URIUTU DJAPER/B-2)

Berita Terbaru