Kalteng Perlu Transmigran 1,4 Juta Jiwa

  • Oleh Rahmat Gazali
  • 11 Februari 2019 - 15:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dinilai sangat membutuhkan transmigran untuk menempati lokasi lahan yang akan dipakai untuk program foot estate hingga mencapai 1,4 juta orang.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Kalteng Syahril Tarigan saat kegiatan rapat koordinasi teknis ketenagakerjaan dan ketransmigrasian Kalteng  tahun 2019 mengungkapkan tahun ini pihaknya sudah mulai mendatangkan transmigran secara bertahap.

"Transmigran yang didatangkan tersebut sebagai upaya membantu program pengembangan transmigrasi untuk food estate di Kalteng yang jumlahnya diperkirakan akan mencapai 1,4 juta jiwa yang nantinya akan ditempatkan di wilayah transmigrasi yang telah ditentukan," ujarnya, Senin (11/2/2019).

Untuk saat ini, dia menerangkan pihaknya akan mendatangkan sebanyak 150 orang transmigran saja yang akan ditempatkan pada Kabupaten Lamandau dengan porsi sebanyak 50 orang transmigran lokal dan 100 orang pendatang.

"Sebanyak 25 orang transmigran lokal sudah menempati lokasi tersebut, sedangkan sisanya akan menyusul untuk ditempatkan di lokasi transmigrasi lainnya yang akan dilakukan secara bertahap hingga mencapai jutaan orang," lanjutnya. (GAZALI/B-2)

Berita Terbaru