Potensi PAD Sektor Pelabuhan dan Bongkar Muat Belum Digarap Maksimal

  • Oleh Naco
  • 11 Februari 2019 - 19:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Parimus mengatakan, banyak potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kotim yang belum dioptimalkan bahkan belum digarap. Terutama di sektor bongkar muat dan pelabuhan.

"PAD akan meningkat dengan drastis jika potensi itu dimaksimalkan penggarapannya," kata Parimus, Senin (11/2/2019).

Selama ini, pemkab masih berkutat dengan tagihan kecil seperti pajak kepada warga dan warung rumah makan. Sementara sumber yang potensial belum digerakkan.

Dia menyebutkan, seperti potensi di daerah Kecamatan Mentaya Hilir Utara masih bisa digarap. Contohnya, pemerintah bisa membangun gudang dan  tempat bongkar muat untuk menggali PAD. 

Pemerintah daerah dengan kewenanganya sangat mungkin untuk mewajibkan PBS bongkar muat atau sewa di lahan pemerintah. Sehingga, PAD Kotim akan meningkat tajam.

Begitu juga dengan sektor lainya yakni pelabuhan bongkar muat. Dibanding pelabuhan tidak resmi beroperasi, hendaknya pemerintah daerah membangun pelabuhan sendiri dan menyertakan fasilitas pendukung.

"Di sana lahan yang tersedia bisa dimiliki pemerintah daerah. Di situ diarahkan untuk bongkar muat ataupun sejenisnya, seperti pelabuhan CPO dan lain sebagainya. Itu bisa jadi sumber pendapatan," tandasnya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru