Ini Langkah Bupati untuk Tetap Gelar Festival Babukung 2019

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 12 Februari 2019 - 01:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bupati Lamandau H Hendra Lesmana mengaku tetap optimistis bahwa Pemkab Lamandau akan dapat menggelar Festival Babukung 2019, meskipun anggaran untuk itu tidak terdapat dalam APBD 2019.

Hendra Lesmana menyebutkan, pihaknya akan menempuh berbagai upaya untuk tetap menggelar kegiatan tahunan yang sudah resmi terdaftar dalam kalender Kementerian Pariwisata RI sebagai salah satu kegiatan pariwisata nasional itu. 

"Kita akan melakukan berbagai upaya agar kegiatannya (Festival Babukung tahun 2019) tetap terlaksana," tegasnya, Senin (11/2/2019).

Beberapa upaya yang akan ditempuh antara lain, kata Hendra, lekaukan pembahasan dengan pihak legislatif agar Festival Babukung menjadi salah satu prioritas yang mendapatkan anggaran melalui perubahan APBD 2019.

"Kami (Pemkab Lamandau) juga akan mengkoordinasikan rencana kegiatannya dengan Pemprov Kalteng karena Festival Babukung ini masuk pada kegiatan yang terdaftar di kalender pariwisata nasional. Artinya, tidak hanya Lamandau yang bangga dengan itu, tapi juga tentu sudah menjadi kebanggaan masyarakat Kalteng secara keseluruhan. Sehingga kami tentu berharap dapat dukungan anggaran juga dari pemprov," katanya. 

Selebihnya, Hendra Lesmana juga meyakini jika kegiatan Festival Babukung sudah masuk sebagai salah satu kegiatan nasional, maka pemerintah pusat melalui kementerian terkait akan memberi dukungan, baik moril maupun materil. 

"Jadi, selain kita akan berupaya menganggarkannya melalui perubahan APBD 2019, Pemkab Lamandau akan berupaya berkoordinasi dengan pemprov dan pemerintah pusat agar kegiatannya ditanggulangi dengan sharing anggaran. Aemoga saja," tukas dia.  (HENDI NURFALAH/m)
 

Berita Terbaru