Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rejang Lebong Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cegah Penumpukan Sampah di Jalan,  DLH Kobar dan Warga akan Pasang Tenda Pengawas

  • Oleh Wahyu Krida
  • 12 Februari 2019 - 12:26 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pasca viralnya di media sosial, keberadaan tumpukan sampah di Jalan Gusti Ahmad Yusuf,  RT 26 Tatas arah Bungur, depan Perumahan Mutiara, Kelurahan Baru, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Selasa (12/2/2019) rencananya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kobar bakal memasang tenda pengawas di lokasi tersebut, sebagai tindakan awal guna mencegah berulangnya tumpukan sampah berada di sana.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah DLH Kobar Robianur di lokasi melubernya sampah dipinggir jalan umum yang dibuang oleh oknum warga yang tidak memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan langsung berkoordinasi dengan warga setempat dan pihak developer Perumahan Mutiara.

"Tadi kami sudah berkoordinasi dengan pihak developer, pihak RT 26 dan  warga setempat. Keinginan warga setempat,  jangan sampai  ada lagi penumpukan sampah yang ada seperti yang kita lihat bersama itu," jelas Robianur.

Guna mencegah ada orang yang membuang sampah di tempat tersebut, menurut Robi pihaknya akan memasang tenda yang akan digunakan petugas sampah DLH serta warga setempat untuk berjaga.

"Sehingga bila ditemui ada orang yang membuang sampah di tempat itu maka petugas DLH dan warga bisa langsung menegurnya. Ini sebagai upaya agar penumpukan  sampah tidak lagi berulang," jelas Robianur.

Selain itu, lanjut Robi, ia juga telah menyampaikan keluhan warga setempat terkait munculnya tumpukan sampah rumah tangga pasca dibangunnya perumahan itu.

"Sebenarnya, dalam proses perizinan pembangunan perumahan, pihak developer juga harus menyediakan lokasi tempat pembuangan sampah sementara (TPS). Sehingga untuk masalah sampah, bisa dikelola oleh warga atau dari pihak luar untuk mengambil sampah tersebut. Nantinya hal ini juga akan kami sampaikan kepada pihak Dinas Perizinan untuk melakukan penekanan terhadap hal itu," jelas Robianur.

Di tempat yang sama Yudi Permadi selaku Pengawas Pembangunan Perumahan Mutiara mengatakan sebenarnya pihaknya telah memberikan tempat sampah pada masing-masing penghuni perumahan tersebut dan memberikan sosialisasi pada warga perumahan untuk tidak membuang sampah rumah tangga dipingir jalan.

"Namun untuk TPS kami akui saat ini masih belum ada, lantaran perumahan ini masih dalam tahapan lanjutan proses pembangunan. Tetapi nantinya akan kami sampaikan lagi kepada para penghuni perumahan terkait prosedur pembuangan sampah rumah tangga bersama pihak DLH Kobar," jelas Yudi. (KRIDA/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru