Perangkap Buaya Kembali akan Dipasang di Sungai Seranggas

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 12 Februari 2019 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), akan kembali memasang perangkap dan pancing buaya di Sungai Seranggas, Dusun Seranggas, Kecamatan Teluk Sampit.

"Setelah berhasil menangkap satu ekor, kami akan kembali memasang perangkap di Sungai Seranggas. Karena masyarakat masih banyak melihat buaya di sungai tersebut," ujar Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit Muriansyah, Selasa (12/2/2019).

BKSDA kembali memasang perangkap atas dasar permintaan masyarakat sekitar dan juga pihak kecamatan Teluk Sampit. Karena mereka melihat masih ada buaya yang lebih besar dibandingkan dengan buaya yang masuk perangkap sebelumnya. Bahkan jumlahnya tidak hanya satu ekor saja, namun lebih dari empat ekor.

Pemasangan perangkap kemungkinan besar masih akan dilakukan di sekitar tempat pemasangan pertama. Dengan harapan bisa menangkap buaya yang lebih besar.

"Warga masih sering melihat buaya di Sungai Seranggas tersebut. Bahkan lebih besar kata mereka," ungkap Muriansyah.

Sebelumnya, BKSDA berhasil menangkap seekor buaya yang masuk ke dalam perangkap milik pihaknya. Dan sudah dilakukan evakuasi untuk dibawa ke Taman Wisata Alam Tangkiling.

Penangkapan itu dilakukan, setelah salah seorang warga sekitar menjadi korban, hingga tangannya terputus. Akibat sambaran buaya, pada saat dirinya sedang membersihkan badan di tepi sungai. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru