Jalan Menuju Kubah Pantai Ujung Pandaran Putus Hingga 100 Meter Akibat Abrasi 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 12 Februari 2019 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Jalan menuju kubah di Pantai Ujung Pandaran, Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) putus. Jalan yang terputus di pantai tersebut mencapai 100 meter. 

"Saat ini jalan putus menuju kubah di Pantai Ujung Pandaran sekitar 100 meter, terutama saat air laut sedang pasang," ujar Kasi Kedarutan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim Agus Mulyadi, Selasa (12/2/2019). 

Dirinya menerangkan, putusnya jalan menuju kubah tersebut akibat abrasi yang terjadi di Pantai Ujung Pandaran. Sehingga membuat pantai semakin hari semakin menipis. Apalagi tidak semua terpasang sabuk pantai. 

"Awalnya pada 10 Juni 2018 lalu hanya 60 meter saja yang putus, namun saat ini bisa lebih dari 100 meter sudah," kata Agus. 

Dirinya menerangkan, ketika laut sedang pasang, ketinggian air di jalan putus bisa mencapai di atas lutut orang dewasa. Sehingga jika menggunakan kendaraan roda dua maka tidak akan bisa melintas. 

"Jadi jika air pasang, maka kendaraan roda dua tidak bisa melintas, hanya kendaraan roda empat yang berukuran besar saja bisa melewati jalan putus tersebut," terang Agus. 

Hingga saat ini belum ada solusi untuk mengatasi hal tersebut. Banyak masyarakat yang ingin ziarah ke kubah itu terpaksa menggunakan kelotok. Walaupun mengeluarkan uang untuk penyewaanya. (MUHAMMAD HAMIM/B-2). 

Berita Terbaru