Petani di Sukamara Jangan Bakar Lahan untuk Pertanian

  • Oleh Norhasanah
  • 12 Februari 2019 - 21:26 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Wakil Bupati Sukamara, Ahmadi mengingatkan kepada petani agar dalam membuka lahan tidak dengan cara membakar.

"Memang dulu, membuka lahan petani kita dengan cara membakar dan sebagainya dan sekarang sudah ada sebuah perubahan, jadi apabila petani ingin mengolah lahan tidak lagi dengan cara membakar," ucap Ahmadi, Selasa (12/2/2019).

Menurut Ahmadi, membakar lahan hanya akan menimbulkan kerugian bagi semua pihak, mengingat dampak dari kebakaran tersebut akan dirasakan bersama.

"Kebakaran ini akan menimbulkan asap, bahaya kebakaran dan habitat lainnya akan jauh lebih dirugian hanya karena membakar lahan satu atau dua hektar saja," ujarnya.

Ahmadi menuturkan pemerintah akan berupaya terus mendorong pertanian di Kabupaten Sukamara. Salah satunya memberikan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan), sehingga pekerjaan mengelola laham bisa lebih ringan.

"Pemerintah akan memberikan bantuan, berupa alsintan, mulai dari alat berat untuk mengolah lahan, namun ini dilakukan secara bertahap," katanya. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru