Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pangandaran Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Minim Alat Pelindung, Petugas Damkar Kobar Tetap Evakuasi Sarang Tawon

  • Oleh Wahyu Krida
  • 13 Februari 2019 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Minimnya alat pelindung diri saat bertugas terkadang membuat petugas pemadam kebakaran menjadi korban. Seperti saat proses evakuasi sarang tawon, beberapa waktu lalu. Saat itu, sejumlah petugas damkar menjadi korban sengatan tawon.

"Sebagai upaya perlindungan diri saat bertugas dalam evakuasi sarang tawon, petugas damkar Kobar mengakali dengan memakai baju anti api, sarung tangan, dan helm balap. Tetapi kadang ada saja tawon yang masuk di sela baju tersebut kemudian menyengat petugas," ungkap Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kobar Majerum Purni, Rabu (13/2/2019).

Walau demikian, lanjutnya, petugas Damkar selalu menanggapi laporan warga. Karena keberadaan tawon dalam jumlah banyak berpotensi membahayakan masyarakat.

"Kami mengimbau warga bila mengetahui keberadaan sarang tawon di permukiman untuk tidak menangani sendiri jika tidak memiliki kemampuan dalam penanganan sarang tawon. Sekedar diketahui, saat ini sedang marak munculnya sarang tawon di permukiman warga. Berdasarkan data pada Februari hingga saat ini, kami sudah menangani tujuh kasus evakulasi sarang tawon di permukiman warga," ujar Majerum.

Karena, lanjut Majerum, bila sarang tawon tersebut berada di wilayah perumahan atau kawasan padat penduduk, upaya penanganan tanpa prosedur benar berpotensi membuat tawon berhamburan keluar dari sarangnya dan membahayakan masyarakat.

"Jadi kami harapkan masyarakat yang mengetahui keberadaan sarang tawon di rumahnya atau di kawasan permukiman diharapkan bisa menghubungi petugas Damkar Kobar dengan cara mendatangi langsung Kantor Damkar Kobar, Jalan Pangeran Antasari atau disamping Kantor Satpol PP Kobar. Bisa juga menghubungi momor kontak  (0532) - 22008, (0532) - 6612852 atau melalui pesan WhatsApp : 0812-9046-1661," ungkap Majerum. (KRIDA/B-3)

Berita Terbaru