Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Seram Bagian Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hampir Semua Sungai di Kecamatan Teluk Sampit Jadi Habitat Buaya

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 13 Februari 2019 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Hingga saat ini, buaya masih menjadi momok menakutkan bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Hampir semua sungai yang berada di sejumlah desa menjadi habitat hewan buas tersebut.

"Kalau Teluk Sampit ini, hampir semua sungai dari sejumlah desa ada buaya. Dan hal itu sangat meresahkan masyarakat," ujar Sekretaris Kecamatan Teluk Sampit Muslih, Rabu (13/2/2019).

Sejumlah sungai yang menjadi habitat buaya tersebut di antaranya, Sungai Parebok, Sungai Basawang, Sungai Regei Lestari, Sungai Seranggas, dan beberapa sungai lainnya yang merupakan anak Sungai Mentaya. Hal itu diketahui oleh pihaknya, karena sudah sejak lama masyarakat sekitar melihat keberadaan buaya tersebut.

"Kalau masyarakat yang tinggal di bantaran sungai tersebut sudah sering melihat buaya. Bahkan sudah ada yang jadi korban," kata Muslih.

Selain itu, buaya tersebut tidak hanya menjadikan sungai sebagai habitatnya. Namun hewan itu juga mencari makan di sungai tersebut. Alhasil, tidak jarang ternak warga seperti ayam dan bebek menjadi mangsanya.

"Kalau ternak warga, sudah tidak terhitung lagi dimakan buaya. Bahkan hal itu terjadi di hadapan mata pemiliknya sendiri," terang Muslih.

Dengan adanya hal tersebut, saat ini pihaknya hanya bisa memberikan imbauan saja kepada masyarakat agar mengurangi aktivitas di sungai, terutama saat sore, malam, dan pagi hari. (MUHAMMAD HAMIM/B-2) 


TAGS:

Berita Terbaru