Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tana Toraja Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyuluh Pertanian Agen Pembangunan 

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 14 Februari 2019 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas Anjono Bhakti menyebut, penyuluh pertanian merupakan salah satu agen pembangunan, sehingga perannya mengembangkan sektor pertanian sangat penting bagi daerah.

Menurut Anjono, sektor pertanian di Kapuas cukup besar potensinya, namun hal tersebut tidak pernah terlepas dari peran penyuluh pertanian dalam mengembangkannya.

"Para penyuluh pertanian harus terus diberikan motivasi dan semangat agar dapat melaksanakan tugas dengan baik dan optimal karena merupakan agen pembangunan, sebab pembangunan pertanian adalah salah satu tolak ukur keberhasilan adalah dari para penyuluh Pertanian ini," ucap Anjono, Kamis (14/2/2019).

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa, penyuluh tentunya mengetahui permasalahan para petani di lapangan, sehingga diperlukan kolaborasi keduanya. "Artinya bagaimana empati parap enyuluh kepada masyarakat petani, ini salah satu yang harus dilakukannya," ucapnya.

Selain itu, dia berharap juga, mengingat Kabupaten Kapuas merupakan salah satu lumbung pangan cukup besar di Kalteng agar kiranya pemerintah pusat dan daerah dapat memberikan perhatian kepada penyuluh yang ada untuk terus termotivasi dalam bertugas. 


"Dikarenakan ini yang harus kita tingkatkan terus ke depan untuk mengembangkan produksi pertanian lebih lagi dengan mengedepankan penyuluh pertanian ini," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru