Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sorong Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Angka Pengangguran di Kotim Masih Tinggi

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 14 Februari 2019 - 15:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengakui bahwa hingga saat ini, angka pengangguran masih terbilang cukup tinggi. 

Hal itupun menjadi perhatian serius bagi mereka untuk mendorong warga agar berani berbisnis guna membuka peluang usaha dan lapangan pekerjaan bagi orang lain.
 
"Saat ini kami akui angka pengangguran masih tinggi. Sehingga kami akan berupaya maksimal untuk menurunkan angka tersebut," ujar Wakil Bupati Kotim Taufiq Mukri, Kamis (14/2/2019). 

Dirinya tidak menyebutkan berapa jumlah angka pengangguran di Kotim pada 2018 kemaren. Karena masih menunggu survei dari Badan Pusat Statistik (BPS) Sampit. Namun jika dilihat pada 2017 lalu, dimana angka pengangguran terbuka sebesar 4,92%.
 
"Hal itu menjadi acuan kami, dan berusaha keras agar pada 2019 ini bisa menurun," kata Taufiq. 

Dirinya juga menjelaskan, angka pengangguran tersebut didominasi oleh penduduk yang tingkat pendidikannya relatif tinggi. Sedangkan yang relatif rendah malah lebih sedikit.
 
Adanya hal tersebut, menunjukkan bahwa tingkat kemauan masyarakatlah yang harus dibagun agar mereka lebih termotivasi untuk bekerja, tanpa harus memilih menganggur. Karena seharusnya, pendidikan yang tinggi menjadi modal untuk mendapatkan pekerjaan. (MUHAMMAD HAMIM/B-2) 

Berita Terbaru