Jadwal Perekaman Paspor Calon Jamaah Haji Barito Selatan 18-19 Februari

  • Oleh Uriutu
  • 14 Februari 2019 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Jadwal perekaman pembuatan paspor bagi Calon Jamaah Haji (CJH) Barito Selatan yang diberangkatkan pada tahun ini akan dilaksanakan pada 18-19 Februari 2019 mendatang.

“Seharusnya perekaman pembuatan paspor ini pada 13-15 Februari, namun ditunda dan dijadwalkan kembali pada 18-19 Februari 2019,” kata Kasi Penyelenggaraan Haji, dan Umrah pada Kemenag Barsel, Zaidin kepada Borneonews, Kamis (14/2/2019).

Ia mengatakan, penundaan perekaman tersebut karena ada kendala yang dihadapi pihak kantor Imigrasi Palangka Raya ketika melakukan perekaman biometrik terhadap calon jamaah haji Kabupaten Barito Utara, dan Murung Raya secara offline.

“Karena, setelah data hasil perekaman secara offline itu dikoneksikan secara online, ternyata ada data dari beberapa calon jamaah haji yang tidak bisa konek sehingga harus melakukan perekaman ulang ke kantor Imigrasi Palangka Raya,” ucapnya.

Supaya hal tersebut tidak terjadi lagi, lanjut dia, pihak kantor Imigrasi Palangka Raya menunda melaksanakan perekaman biometrik pembuatan paspor bagi calon jamaah haji Barito Selatan dari jadwal awal.

“Untuk perekaman biometrik bagi calon jamaah haji Barito Selatan dijadwalkan kembali pada 18-19 Februari 2019. Perekaman akan dilaksanakan di aula Kantor Kementerian Agama Barito Selatan secara online,” kata dia.

Ia menjelaskan, perekaman yang dilakukan secara online itu supaya hal yang terjadi di dua kabupaten lain tidak lagi terjadi saat petugas dari kantor Imigrasi melakukan perekaman data terhadap calon jamaah haji Barito Selatan.

“Kita juga sudah berkoordinasi dengan Kantor Imigrasi Palangka Raya, dan PT Telkom untuk memasang jaringan internet selama dua hari di aula kantor Kementerian Agama Barito Selatan agar perekaman biometrik pembuatan paspor tersebut nantinya bisa secara online,” ucap dia.

Selain itu, ia juga menyampaikan untuk jumlah calon jamaah haji Barito Selatan yang akan diberangkatkan pada 2019 ini sebanyak 152 orang. "Calon jamaah haji Barito Selatan ini sebelumnya sudah melakukan pemeriksaan kesehatan, dan tes kebugaran,” tambah Zaidin.

Ia juga meminta kepada calon jamaah haji supaya terus menjaga kesehatannya. Hal tersebut agar nantinya bisa menjalankan ibadah haji dengan lancar tanpa ada gangguan masalah kesehatan. (URIUTU DJAPER/B-2)

Berita Terbaru