Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Malaka Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Harus Peduli Mewujudkan Pemilu Damai

  • Oleh Ramadani
  • 15 Februari 2019 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Salah seorang tokoh masyarakat di Kabupaten Barito Utara, Karianto meminta masyarakat untuk membantu mencegah gejolak akibat Pemilu dengan tidak mudah terprovokasi isu yang merusak persatuan. 

“Sangat penting semua elemen dapat peduli mewujudkan Pemilu damai,” ujar Karianto, Kamis (13/2/2019).

Menurut Karianto, terciptanya  pemilu yang damai merupakan keberhasilan semua pihak dalam mendukung kelancaran setiap proses demokrasi.

Dia juga menegaskan, menjaga pelaksanaan pemilu aman dan damai dengan menjunjung tinggi Pancasila, UUD 1945, menjaga Bhinneka Tunggal Ika dan keutuhan NKRI demi terwujudnya Kamtibmas yang kondusif.

“Dengan situasi yang aman, maka seluruh tahapan dapat berlangsung dengan baik,” jelas Karianto. 

Ia menambahkan, bukan hanya dukungan dari masyarakat saja yang penting, tetapi peserta Pemilu turut menjaga agar tidak terjadi permasalahan yang bisa mengarah pada hal tidak diinginkan.

“Sebab bisa saja terjadi konflik karena adanya sikap saling dukung mendukung calon tertentu, lalu menimbulkan saling pertentangan,” terangnya.

Dia pun memuji adanya kegiatan yang dilaksanakan sejumlah instansi termasuk aparat keamanan dengan menggelar deklarasi damai. Kegiatan itu melibatkan tokoh masyarakat dan tokoh adat. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru