Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Jambi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petugas Registrasi Kependudukan Desa/Kelurahan Siap Membantu Pengurusan Akta Kematian

  • Oleh Uriutu
  • 15 Februari 2019 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Barito Selatan menyebutkan, petugas registrasi kependudukan desa/kelurahan siap membantu melaporkan serta mengurus akta kematian.

“Ke depan kita telah meminta kepada petugas registrasi kependudukan yang ada di desa maupun kelurahan untuk membantu melaporkan serta mengurus akta kematian,” kata kepala Disdukcapil Barsel, Nyamei Tumbai kepada Borneonews, Jumat (15/2/2019).

Ia mengatakan, hal tersebut karena setiap desa dan kelurahan telah memiliki petugas registrasi kependudukan.

Pihaknya berharap, disamping keluarga, ketua RT yang turut membantu melaporkannnya juga dibantu oleh petugas registrasi kependudukan di setiap desa dan kelurahan ini.

Menurutnya, kalau untuk kecamatan dusun selatan masih bisa terpantau jika ada orang yang meninggal dunia. Namun apabila dikecamatan lain sulit dipantau.

“Kita berharap di samping petugas registrasi desa, masyarakat lah atau anggota keluarganya proaktif melaporkan apabila ada anggota keluarganya yang meninggal,” ucap dia.

Ia menambahkan pihaknya juga berharap sekali dengan petugas register desa dan kelurahan ini. Karena tugas mereka melaporkan setiap peristiwa kependudukan ke Disdukcapil setiap bulan sekali.

Intinya, lanjut dia, pelaporan kematian ini sangat penting untuk database kependudukan. “Serta agar warga yang sudah meninggal tidak lagi masuk dalam daftar pemilih tetap,” ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-2).

Berita Terbaru