Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Blitar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Utara Diharapkan Tonjolkan Wisata Bahari Berbentuk Adat Istiadat Dayak

  • Oleh Ramadani
  • 15 Februari 2019 - 19:44 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara diharapkan menonjolkan wisata bahari dalam bentuk adat istiadat masyarakat Dayak untuk memajukan sektor pariwisata di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan.

Hal tersebut disampaikan oleh anggota DPRD kabupaten barito Utara, Henny Roesgiay Rusli di Muara Teweh, Jumat (15/2/2019).

Ia menyampaikan, adat istiadat masyarakat dayak di Barito Utara yang dapat ditonjolkan seperti Rumah Betang, susur sungai, ritual adat (Wara).

“Contohnya di Bali, seperti Pura, padahal tempat masyarakat sembahyang, yang lebih banyak menonjolkan khas tradisi dan adat istiadat asli masyarakat di sana. Namun malah lebih banyak diminati para wisatawan mancanegara bahkan terkenal di dunia,” kata politisi asal PDI Perjuangan itu.

Sekarang ini, menurut Henny, pemerintah juga jangan terpaku pada pengembangan pariwisata modern saja, namun juga lebih memperhatikan dan menggalakan wisata tradisional seperti adat istiadat dayak agar lebih dikenal masyarakat luas bahkan dunia. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru