Aplikasi Rekapitulasi Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Utara Terima Bantuan Hibah dari Bappenas dan Kemenkes RI

  • Oleh Ramadani
  • 15 Februari 2019 - 22:02 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pemerintah Kabupaten Barito Utara menerima bantuan hibah anthropometry kit, cetakan jamban, dan tablet tambah darah untuk mendukung program pengurangan stunting.

Bantuan dari Pemerintah Pusat ini diterima Sekda Barito Utara, Jainal Abidin, didampingi Plt Kepala Dinas Kesehatan H Siswandoyo, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Jainal Abidin, Jumat (15/2/2019), bantuan barang dari Bappenas dan Kementerian Kesehatan ini untuk program mengatasi masalah stunting, yang berasal dari Proyek Kesehatan dan Gizi Berbasis Masyarakat (PKGBM). Bantuan ini terlaksana dengan dana hibah dari Millennium Challenge Compact (MCC).

Manfaat bantuan itu untuk mencegah atau mengurangi angka stunting di Kabupaten Barito Utara. Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh kembang pada anak balita (tidak maksimal), atau kekurangan gizi kronis pada sepuluh hari pertama kehidupan anak. 

“Jika kita lihat anak usia 5 tahun dengan tinggi normal 110 cm, tapi yang terkena stunting mungkin tingginya 100 cm,” kata Jainal Abidin.

Stunting ini, katanya, juga fisiknya ada sedikit pengaruhnya terhadap inteligensia. Yakni kemampuan untuk bertindak secara terarah, berpikir secara rasional, dan menghadapi lingkungannya secara efektif.

“Diharapkan dengan adanya bantuan tersebut intervensinya yakni tambah darah (suplemen) yang diberikan kepada ibu yang mengandung (hamil), agar anak di kandungannya lebih sehat,” katanya. (RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru