DPRD Kotim Desak Pengadaan Alat Damkar Jelang Kemarau

  • Oleh Naco
  • 15 Februari 2019 - 22:26 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemkab Kotim didesak untuk memprogramkan pengadaan alat pemadam kebakaran (damkar). Hal itu dalam rangka menghadapi kemarau panjang serta mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan.

Ketua Komisi III DPRD Kotim, Rimbun, mengatakan pengadaan alat tersebut bisa dibantu melalui pemerintah pusat. Apalagi, target pemerintah pusat, yakni menyelesaikan persoalan asap agar tidak terulang.  

"Usulan ini hendaknya disampaikan ke pemerintah pusat. Karena dengan mobil damkar di setiap kecamatan, saya yakin dapat membantu persoalan kebakaran lahan," kata Rimbun, Jumat (15/2/2019).

Dia juga mengatakan, pemetaan terkait potensi bencana kebakaran setiap tahun perlu disajikan dan disampaikan hingga pemerintah pusat. Agar menjadi salah satu indikator sehingga pusat bisa membantu anggaran atau hibah barang ke daerah. Dan tidak membebankan APBD Kotim.

Rimbun yakin pemerintah pusat setuju dengan hal ini, karena itu perlu kepiawaian untuk mengajukan ke pusat sehingga bisa dialokasikan melalui dana alokasi khusus (DAK).

Dia menambahkan, bencana kabut asap parah yang pernah terjadi setidaknya membuka mata pemerintah pusat. (NACO/B-11)

Berita Terbaru