Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Diminta Tidak Jual Buah Sawit Mentah ke Perusahaan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 15 Februari 2019 - 23:06 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Petani sawit yang berada di sekitar enam perusahaan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) diharapkan tidak menjual sawit mentah kepada perusahaan. Hal itu dilakukan agar tidak berdampak buruk pada pertumbuhan pohon kelapa sawit di kebun.

"Kami minta agar masyarakat yang memiliki kebun sawit tidak menjual buah sawit mentah kepada perusahaan. Karena hal itu sedikit banyaknya berdampak pada pertumbuhan pohon sawit itu sendiri," ujar Project Controller PKS Sulung, Nisi Siahaan, Jumat (15/2/2019).

Karena jika dipaksakan melakukan panen saat buah masih muda maka akan berdampak pada pertumbuhan dan hasil dari buah, sehingga ke depannya pohon tidak lagi tumbuh dengan baik dan hasil panen juga akan berkurang.

Selain itu juga berakibat pada produksi, yang mana buah masih muda tidak memiliki kandungan minyak sama sekali, sehingga tidak bisa diterima oleh perusahaan.

"Kalau buah muda tidak ada kandungan minyaknya yang bisa digunakan, sehingga perusahaan juga sangat sulit menerima buah," ungkapnya.

Selama ini tidak jarang ditemukan masyarakat menjual buah sawit kepada pihaknya dalam keadaan masih mentah. Ini terkadang terpaksa diterima demi mengakomodasi buah dari petani.

Untuk itu perusahaan terus bekerja keras menyampaikan hal tersebut kepada masayarakat melalui penyuluh di lapangan. Sehingga buah sawit yang dijual semuanya sudah matang dan bisa menghasilkan kandungan minyak sebagaimana yang diharapkan. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru