Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Aru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SSMS Manfaatkan Limbah Minyak Sawit Jadi Pakan Ternak

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 16 Februari 2019 - 11:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SMSS) melalui Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Sulung memanfaatkan limbah minyak sawit untuk dijadikan pakan ternak. Artinya, hampir tidak ada bagian dari kelapa sawit yang tidak bisa dimanfaatkan.

Project Controller PKS Sulung SSMS Nisi Siahaan mengatakan limbah tersebut dinamakan solid atau endapan lumpur dari sisa proses pembuatan minyak kelapa sawit. Dan itu digunakan untuk campuran pakan ternak karena memiliki kandungan protein kasar.

"Solid atau lumpur ini juga kita manfaatkan sebagai pakan ternak di Sulung Ranch. Jadi hampir 100 persen dari buah sawit ini termanfaatkan," kata Nisi, Jumat (15/2/2019).

Dia menjelaskan, solid atau lumpur sawit tersebut bisa menjadi bahan tambahan pakan ternak. Yakni dicampur terlebih dahulu dengan jenis pakan lainnya.

Pemanfaatan limbah-limbah baik itu cair maupun padat secara optimal tersebut, agar tetap ramah lingkungan dan menjadi nilai tambah. 

"Dari buah sawit ini banyak manfaatnya, sehingga perlu terus dioptimalkan. Selain CPO, bagian lainnya juga bermanfaat," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru