Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Situbondo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ada 1000 Lebih Produk Hasil Olahan Turunan CPO

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 16 Februari 2019 - 20:56 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Produk hasil olahan crude palm oil (CPO), tidak hanya minyak goreng saja. Namun banyak produk turunan lainnya, bahkan jumlahnya mencapai 1.000 lebih. 

"Tidak hanya satu dua turunan produk saja yang bisa dimanfaatkan dari pengolahan CPO ini, namun ribuan," ujar GM Operation Downstream PT Citra Borneo Utama dan PT Surya Borneo Industri Sumali, Sabtu (16/2/2019). 

Pengolahan CPO bisa dimanfaatkan secara luas. Setelah diolah menjadi refined bleached deodorized palm oil (RBDPO) selanjutnya akan menghasilkan minyak goreng (olein). 

"Jadi CPO yang diolah menjadi RBDPO, bisa menghasilkam produk turunan. Di antaranya industri pangan, industri oleokimia, dan industri biofuel," kata Sumali. 

Industri pangan bisa berupa minyak goreng cair, minyak goreng padat, margarin, dan creamer.

Adapun untuk pengolahan menjadi industri oleokimia bisa berupa sabun dan kosmetik. Sedangkan industri biofuel bisa berupa bahan bakar nabati dan juga biodiesel. 

"Sementara, di PT Citra Borneo Utama (CBU) yang berjalan saat ini, produk unggulan adalh minyak goreng (olein)," ungkap Sumali.

Tidak hanya itu, ia juga menjelaskan, RBDPO juga bisa langsung dimanfaatkan. Karena juga merupakan minyak goreng, dengan harga yang lebih tinggi dari olein. Karena manfaatnya jika digunakan untuk menggoreng ikan, akan lebih renyah.

"Namun itu tidak banyak orang yang tahu, karena yang paling banyak dipasarkan adalah olein," terang Sumali. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru