Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sigi Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Lamandau Kini Bergelar Omas Perdana Mangku Rakyat

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 17 Februari 2019 - 06:12 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bupati Lamandau H Hendra Lesmana dianugerahi gelar adat oleh masyarakat Kecamatan Delang. Suami dari Hj Rusdianti Hendra Lesmana itu kini bergelar 'Omas Perdana Mangku Rakyat'.

Pemberian gelar adat kepada Bupati berlangsung saat  "Penggolaran Adat" pada acara jamuan adat kepada bupati dan rombongan yang melaksanakan kunjungan kerja di Kecamatan Delang, Jumat (15/2/2019).

Pemberin gelar adat dipandu oleh Domang Adat Kecamatan Delang, Emanuel Gerson. 

Dalam kesempatan itu Domang atau Demang Adat Emanuel Gerson menjelaskan bahwa pemberian gelar adat merupakan tradisi masyarakat adat Dayak Tomun untuk menghormati orang yang dianggap layak berdasarkan kedudukan dan prestasinya.

Pemberian gelar juga merupakan upaya masyarakat adat menghindari penyebutan nama asli secara langsung yang dinilai tabu bagi orang yang dihormati. 

Terkait gelar yang disematkan yakni "Omas Perdana Mangku Rakyat", Gerson menyebut bahwa gelar tersebut sangat kaya makna, yang secara harfiah bisa diartikan sebagai orang nomor satu yang menjadi pengayom masyarakat di kabupaten Lamandau.

"Gelar itu juga sebagai sebuah doa dan harapan agar orang yang digelari betul-betul menjadi pemimpin atau pengayom masyarakat yang adil dan bijaksana," jelasnya. (HENDI NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru