Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lombok Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Serunya Bupati dan Ketua PKK Ikut Bahanyi di Kudangan

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 17 Februari 2019 - 07:18 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Dalam rangkaian kegiatan kunjungan kerja (kunker) selama dua hari di Kecamatan Delang, Bupati Lamandau H Hendra Lesmana dan Ketua TP PKK Rusdianti Hendra Lesmana tak menyia-nyiakan kesempatan untuk ikut 'bahanyi' di kelurahan Kudangan, Sabtu (16/2/2019).

'Bahanyi' merupakan bahasa daerah, khususnya daerah Kabupaten Lamandau yang berarti panen padi ladang.

Saat mengikuti kegiatan, baik Bupati maupun sang isteri tampak piawai menuai padi yang tiap tahun ditanam petani lokal yang terhampar di ladang kering kelurahan Kudangan. 

Dengan alat potong padi yang dikaitkan di antara jari-jari tangan, baik Bupati maupun istri terlihat cakap memetik tangkai-tangkai padi yang kemudian hasil tuaiannya dimasukkan ke lanjung yang digendong. 

Bagi keduanya, aktivitas bahanyi bukan merupakan hal baru. Bahanyi bahkan diakuinya sudah menjadi kegiatan yang sudah dikenalnya sejak kecil. 

"Dari kecil sering ikut bahanyi. Ya...kalau ikut orang tua ke ladang suka ikut-ikutan metik, jadi bukan hal yang baru," cetus Yanti Lesmana yang tampak sangat lihai memetik tangkai padi, kala itu. 

Bagi Hendra Lesmana, bahanyi di lokasi itu bak nostalgia setahun lalu, tepatnya di sela-sela berkampanye. Waktu itu bahanyi di Kudangan dilakukan bersama-sama dengan tim pemenangannya.

"Jadi ingat tahun lalu, kami bahanyi di sini juga. Alhamdulillah, berarti tiap tahun panen padinya sukses, tinggal pendampingan maksimal saja dari Dinas Pertanian agar tiap tahun dapat terus dimaksimalkan," ujar Hendra. 

Tak hanya mereka, sejumlah kepala dinas yang turut serta dalam rombongan kunker bupatipun seolah tak mau melewatkan momen langka itu. Beberapa kepala dinas juga terlihat berlomba untuk menuai padi, sesekali sahut-menyahut candaan menghangatkan suasana kala itu. (HENDI NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru