Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Semarang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Program Food Estate Bakal Jadikan Kalteng Lumbung Pangan Nasional

  • Oleh Rahmat Gazali
  • 17 Februari 2019 - 14:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah terus berupaya meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat. Salah satunya  melalui program food estate.

Tanaman yang dekembangkan malalui program food estate ada beberapa komoditas . Di antaranya padi organik, singkong, dan tebu. Food estate disusun untuk menjaga ketersediaan pasokan pangan diKalteng, hingga mampu menjaga kestabilan harga pangan.

"Pengembangan food estate ini nantinya akan membuka pekerjaan baru dan tempat strategis akan diisi oleh masyarkat pribumi," ujar Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kalteng Rivianus Syahril Tarigan, Minggu (17/2/2019).

Sebelumnya, untuk mendukung pengembangan program tersebut, dilakuanan kajian awal mengenai Analisis Aspek Teknis dan Sosial Ekonomi Program, yang bertempat di Aula Bappedalitbang, Pemprov Kalteng. 

Kepala BPTP Kalimantan Tengah Munier yang bertindak sebagai ketua tim dalam kajian itu, menuturkan bahwa food estate dibuat untuk mendukung ketahanan pangan. Proyeksinya juga diarahkan pada produksi usaha pertanian tanaman pangan serta perkebunan serta pemenuhan ketanagakerjaan.

Sementara itu, menurut Kepala Bapedalitbang provinsi Kalteng Yuren S Bahat, untuk mendukung terlaksananya program tersebut, dengan dukungan pemerintah pusat, akan dilaksanakan pengembangan infrastruktur pendukung, khususnya sarana transportasi jalan darat. (GAZALI/B-3)

Berita Terbaru