Pemkab Kotim Harus Fokus Lestarikan Budaya Lokal

  • Oleh Naco
  • 17 Februari 2019 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi III DPRD Kotawaringin Timur, Rimbun meminta agar Pemerintah Kabupaten Kotim bisa fokus untuk melestarikan budaya lokal daerah ini. 

Di antaranya dengan mendukung semua sanggar budaya dan seni yang ada di daerah. Sementara untuk pembinaan bisa melalui pemberian bantuan alat dan anggaran untuk setiap sanggar. 

Rimbun menegaskan sanggar budaya dan kesenian di Kotim sebenarnya tidak banyak. Namun seiring dengan ditambah tidak diperhatikan aktivitas kegiatannya berangsur-angsur menghilang. 

"Salah satunya ketidakadaan biaya untuk mendukung kegiatan di sanggar tersebut," kata dia, Minggu (17/2/2019).

Selain itu juga, kata dia, karena minat pemuda dan remaja saat ini cenderung  mengabaikan kegiatan seni dan budaya. Sehingga mengambangkan budaya itu terkesan sulit dilakukan selama ini.

Sementara terkait anggaran di setiap sanggar itu selama ini kebanyakan hasil dari swadaya dan donator. Dari itu, ia mendorong di situasi seperti sekarang ini sanggar seni tari dan budaya perlu digalakan. 

"Anak pelajar kita harus dilibatkan agar mereka paham akan budaya dan seni yang mereka miliki, "kata dia.

Rimbun juga berharap kepada Pemkab Kotim dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotim untuk memperhatikan keberadaan sanggar budaya itu yang saat ini kondisinya kurang mendapatkan dukungan dari pemerintah.

"Eksistensi dari para aktivis kesenian, budayawan dan lain sebagainya memang bagian dari tanggungjawab pemerintah. Salah satunya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata," tandasnya. (NACO/B-2)

Berita Terbaru