Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Depok Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKPSDM Lamandau Sebut Rekrutmen P3K Terkesan Dadakan dan Bikin Bingung

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 17 Februari 2019 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lamandau menyebut, rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK/P3K) adalah program yang terkesan dadakan sehingga membuat pemerintah daerah kebingungan. 

"Kalau kita sebut dadakan ya memang program ini (PKKK) terkesan dadakan, karena begitu Permennya (Peraturan Menteri PAN RB) diundangkan pada 12 Februari 2019, programnya langsung diumumkan dan rekrutmennya langsung dibuka," kata Kepala BKPSDM Lamandau, Marinus Apau, Minggu (17/2/2019).

Apau menyebut, rekrutmen PPPK atau P3K itu didasarkan pada keluarnya Peraturan Menteri Pendayaguanaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PAN RB) No 2/2019 tentang Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk Guru, Dosen, Tenaga Kesehatan, dan Penyuluh Pertanian.

Program ini cukup membuat pemkab bingung, karena persiapannya belum matang. Terlebih lagi ternyata anggaran dibebankan kepada pemerintah daerah.

"Kalau rekrutmennya memang diadakan pemerintah pusat, tapi penyelenggaraan dan anggarannya itu dibebankan ke daerah. Persoalannya, anggaran kita ada tidak Itu kan belum jelas, belum sempat kita bahas," ujar Apau.  

Seperti dilansir dari laman resmi menpan.go.id, rekrutmen P3K akan diadaka dengan tiga tahap. Untuk tahap pertama, pengumuman rekrutmen PPPK/P3K oleh instansi dilakukan 8-16 Februari 2019, kemudian Pendaftaran PPPK/P3K secara online berlangsung 10-16 Februari 2019. Kemudian Pengumuman hasil verifikasi administrasi akan dikeluarkan pada 18 Februari 2019 mendatang.

Untuk tahap pertama, diperuntukan bagi pelamar yang merupakan tenaga honorer eks K-II bagi guru, dosen, tenaga kesehatan, dan penyuluh pertanian, serta dosen dan tenaga kependidikan perguruan tinggi negeri (PTN) baru. (HENDI NURFALAH/B-2)

Berita Terbaru