Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Trenggalek Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ahmad Hadi Manipulasi 1001 Foto Sebagai Upaya Melawan Hoax

  • Oleh Agus Priyono
  • 17 Februari 2019 - 22:12 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Ahmad Hadi Surya, pemuda asal Kotawaringin Barat ini memanipulasi 1001 foto sebagai langkah untuk melawan hoax yang beredar di dunia maya.

Ahmad Hadi mengatakan, motivasinya membuat rekor MURI kali ini untuk mengingatkan masyarakat bahwa foto merupakan suatu objek yang sangat mudah sekali untuk direkayasa. Jadi jangan sampai dengan sebuah foto dapat menimbulkan perpecahan antarmasyarakat.

“Motivasi saya membuat rekor MURI kali ini adalah untuk masyarakat Indonesia, khususnya Kalteng ini tidak mudah termakan HOAX, karena foto ini sangat mudah sekali direkayasa,” ujar Ahmad Hadi, Minggu (17/2/2019).

Selain itu, pemicu lain dirinya melakukan aksi melawan HOAX adalah, ketika dia membuat sebuah meme jelang pemilu yang menjadi perdebatan di media sosial hingga membuat dirinya nyaris dipanggil oleh kepolisian.

“Saya sempat buat 1 meme, dan itu viral di sosial media beberapa bulan lalu, bahkan saya hampir dipanggil oleh polisi. Jadi itu juga memotivasi saya untuk lebih bijak terhadap media sosial, apalagi dengan rekayasa foto seperti itu,” kata Ahmad Hadi.

Senada dengan itu, Senior Manager MURI, Yusuf Badri mengatakan, dengan aksi ini memberitahu bahwa hasil foto itu perlu ada telaah sehingga tidak menimbulkan tendensi tertentu yang bisa memancing perpecahan.

“Dengan ini masyarakat terkhususnya generasi milenial itu diharapkan mampu melihat dan menelaah hasil dari sebuah foto, apakah itu riil atau rekayasa. Sehingga jika di sebarkan tidak menimbulkan masalah yang fatal nantinya,” pungkasnya. (AGUS/B-2)

Berita Terbaru