Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Riam Panahan Terbantu dengan Kehadiran PT SML

  • 18 Februari 2019 - 09:30 WIB

BORNEONEWS, Lamandau - Kehadiran perusahaan besar swasta (PBS) di daerah Kabupaten Lamandau seperti PT Sawit Mandiri Lestari (SML) mendapatkan tanggapan positif dari beberapa desa setempat. Seperti yang berada di Desa Ginih, Desa Kinipan, Desa Tapin Bini, Desa Batu Tambun, Desa Beringin, Desa Riam Panahan dan desa lainnya. 

Ketua Badan Pemersatu Desa (BPD) Riam Panahan, Masi mengaku sangat terbantu dengan adanya kehadiran PT SML. Perusahaan ini kerap kali membagikan tali asih kepada warga desa setempat. Baik itu sembako maupun bahan bangunan untuk membuat perkantoran desa.

"Tidak dipungkiri, selama ini PT SML baik dengan warga. Beberapa waktu lalu ada perbaikan jalan, pembagian sembako dan bantuan lainnya," ucap pria berusia 42 tahun ini.

Sembari menikmati kopi hangat, Masi melanjutkan ceritanya kepada Borneonews.co.id yang saat itu bertandang ke kediamannya. Perekonomian masyarakat terbantu namun belum menyeluruh. 

Di desa Riam Panahan ini memiliki penduduk sekitar 589 orang dengan 269 kepala keluarga. Hampir setengahnya merupakan remaja usia muda. Saat ini pemuda di desa setempat bekerja di luar daerah yang sangat jauh. Sebab itu Ketua BPD berharap agar PT SML dapat memperkerjaan anak muda setempat.

"Kalo bisa anak muda di sini diberikan lapangan pekerjaan. PT SML harus memberdayakan sumber daya manusia. Jadi mereka tidak perlu jauh-jauh kerja keluar daerah. Mereka tidak berpisah dengan keluarganya," jelas Masi.

Sejauh ini, PT SML telah bekerjasama dengan warga setempat untuk mengelola plasma sawit. (ACHMAD SYIHABUDDIN/m)

Berita Terbaru