Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Way Kanan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Koordinasi Antardesa dan Kecamatan Terjalin Baik

  • 18 Februari 2019 - 09:40 WIB

BORNEONEWS, Lamandau - Kegiatan pemerintahan kelurahan atau desa di Kecamatan Batangkawa, Kabupaten Lamandau, kian membaik. Hal itu karena ada infrastruktur penghubung antardesa, kecamatan hingga kabupaten. 

"Sebelumnya jalan darat penghubung antardesa sudah ada. Namun susah untuk dilalui kendaraan. Terlebih saat hujan, jalan akan menjadi licin. Urusan administrasi desa menjadi terhambat. Menuju kantor kecamatan sangatlah susah," ucap Kepada Desa Batu Tambun, Sakius Urus.

Urusan administrasi memakan waktu cukup lama. Jarak yang ditempuh dari desa ke kecamatan memakan waktu puluhan jam, bahkan mencapai dua hari. Bukan hanya itu saja, kantor desa pun hanya terbuat dari kayu hasil hutan di desa setempat.

Dengan adanya pelebaran dan perbaikan jalan yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Lamandau bersama PT Sawit Mandiri Lestari (SML) ini dapat membantu masyarakat desa setempat.

Ketua Badan Pemersatu Desa (BPD) Riam Panahan, Masi mengatakan hal yang sama seperti yang diutarakan oleh kepala desa Batu Tambun. Jarak kedua desa ini sangatlah jauh. Dulunya, perjalanan dari desa Batu Tambun ke Desa Riam Panahan menggunakan perahu tradisional yakni jukung. 

Waktu yang dibutuhkan mencapai dua jam. Namun setelah adanya pelebaran dan perbaikan jalan, jarak antar kedua desa tersebut hanya memakan waktu selama 30-40 menit.

"Sekarang kami gampang koordinasi dari desa satu ke desa lainnya. Jalan daratnya sudah ada. Paling lama sekitar 40 menit perjalan untuk menuju desa lain. Mari kita rawat sama-sama jalan yang sudah ada ini untuk kemaslahatan bersama," tutur Masi. (ACHMAD SYIHABUDDIN/m)

Berita Terbaru