Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Langkah Pemkab Lamandau Galakan Program Germas

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 18 Februari 2019 - 19:34 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik- Pemerintah Kabupaten Lamandau berencana membuat berbagai terobosan dalam upaya menggalakan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). 

"Ada sejumlah langkah konkret yang akan kita lakukan untuk menggalakan Germas secara kolaboratif di Kabupaten Lamandau," kata Wakil Bupati Riko Porwanto saat memimpin Rapat Sosialisasi Germas di Aula Setda, Senin (18/2/2019).

Langkah-langkah itu di antaranya membuat tim kerja Germas di semua satuan organisasi perangkat daerah (SOPD). Sehingga ada tim yang nantinya berkonsentrasi penuh untuk membuat program Germas di setiap SOPD.

"Tim itu nanti akan fokus karena ada semacam tim intinya yang menangani program Germas serta mengkoordinasikannya," kata dia. 

Selain itu, Wakil Bupati juga memastikan bahwa pemkab akan membuat surat edaran resmi tentang keharusan untuk menggalakan Germas dan ditujukan kepada semua SOPD, pemerintah kecamatan hinggga kelurahan dan desa. Dasarnya Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 serta peraturan bupati.

"Dalam teknis pelaksanaannya, kita juga akan melakukan evaluasi berkala. Artinya tim yang dibentuk di setiap SOPD tadi harus melakukan rapat kerja dan evaluasi program. Kemudian hasilnya harus dilaporkan. Sehingga kita tahu apa kendala dan apa solusinya," kata dia. 

Wakil Bupati juga menyebut bahwa selama ini program Germas di Lamandau sebenarnya sudah berjalan. Hanya, tidak terkordinasi dengan baik.

"Beberapa dunia usahapun juga telah aktif. Misalnya dengan adanya program-program bantuan pembuatan jamban untuk masyarakat di perkampungan sekitar perusahaan atau dalam bentuk mengaktifkan pelayanan kesehatan seperti posyandu dan sebagainya," ujar dia. (HENDI NURFALAH/B-3)

Berita Terbaru