Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Luwu Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bawaslu Kapuas Fokuskan Pencegahan Pelanggaran Pemilu

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 19 Februari 2019 - 00:26 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kapuas berorientasi dan mengedepankan pencegahan terhadap pelanggaran Pemilu 2019.

Ketua Bawaslu Kapuas Iswahyudi Wibowo menjelaskan, saat ini pengawasan yang diamanahkan untuk mengedepankan pencegahan terjadinya pelanggaran, meskipun tetap juga menerima laporan hingga penindakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

"Kita sudah serukan dengan tagline CAT (Cegah Awasi Tindak). Intinya tetap mengedepankan pencegahan. Misalnya seperti pemasangan alat peraga kampanye yang tata letaknya melanggar, kan kalau mau dipindahkan tempatnya tidak akan menjadi laporan," ucap Iswahyudi, Senin (18/2/2019).

Dia menuturkan berdasarkan pergeseran orientasi tersebut maka indikator keberhasilan pengawasan Pemilu juga tidak lagi ditentukan seberapa banyak temuan pelanggaran dan tindaklanjutnya.

"Melainkan lebih pada seberapa efektif upaya pencegahan pelanggaran Pemilu dapat dilakukan oleh lembaga pengawas Pemilu dan jadi sinergi pengawasan merupakan faktor penentu lain," katanya.

Selain itu, dirinya berharap bersama-sama semua pihak dapat mentaati peraturan yang telah ditetapkan, agar dapat mewujudkan dan mensukseskan jalannya pesta demokrasi lima tahunan itu.

"Dengan bersama-sama melakukan pengawasan maka akan dapat optimal," ucapnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru