Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

RSUD Kapuas Gelar Penyuluhan Kanker Serviks

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 19 Februari 2019 - 14:16 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - RSUD Kapuas kembali menggelar penyuluhan dengan materi deteksi dini kanker serviks (leher rahim) agar dapat sejak awal mengetahui tentang penyakit tersebut.

Penyuluhan dilakukan dr Daniel Liando selaku dokter spesialis kandungan melalui siaran radio lokal di Kota Kuala Kapuas.

Daniel menjelaskan, kanker leher rahim merupakan penyakit tumor ganas yang disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui hubungan seksual dan dapat menyebar ke organ lain dan menyebabkan kematian.

"Kanker leher rahim dapat dicegah karena perkembangan virusnya perlahan – lahan mulai dari luka dahulu dimana ibu tidak akan merasakan apa-apa," ucap Daniel, Selasa (19/2/2019).

"Namun apabila tidak dicegah dan ibu merasakan kesakitan, perdarahan atau komplikasi lainnya, maka sudah sulit untuk diobati dan dapat menyebabkan kematian," lanjutnya.

Adapun cara mengetahui leher rahim sehat atau tidak dapat diketahui dari melihat luar fisik ibu saja, namun harus dilakukan pemeriksaan dengan cara melihat leher rahim.

"Penyebab kanker serviks atau kanker leher rahim disebabkan oleh virus yang bernama virus HPV. Penularannya melalui hubungan seksual," katanya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru