Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bitung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Cara Deteksi Dini Kanker Serviks

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 19 Februari 2019 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Begini cara deteksi dini kanker serviks yang disampaikan oleh dr Daniel Liando selaku dokter spesialis kandungan di RSUD Kapuas.

Cara deteksi dini itu disampaikan melalui siaran radio lokal yang ada di Kota Kuala Kapuas.

dr Daniel memberikan beberapa cara yang bisa dilakukan masyarakat dalam mendeteksi dini penyakit kanker serviks di antaranya dengan Test IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat), pemeriksaan leher Rahim dengan mengoleskan asam cuka.

Kemudian dapat melakukan tes papsmear yaitu pengambilan jaringan pada leher rahim yang akan dikirim ke laboratorium untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Untuk perbedaan IVA dan papsmear, untuk hasil tes IVA dapat segera diketahui, sedangkan papsmear membutuhkan waktu 1-2 minggu. Biaya pemeriksaan IVA lebih murah jika dibandingkan dengan papsmear," ucap Daniel, Selasa (19/2/2019).

Untuk itulah, dia mengimbau setiap perempuan yang telah melakukan hubungan seksual khususnya yang berumur 30-50 tahun, sebaiknya menjalani deteksi dini kanker leher rahim. "Agar dapat diketahui lebih awal dan dilakukan perawatan," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-2)

Berita Terbaru